Antiseptik Alami Selain Alkohol 70 dengan Harga Terjangkau

  • November 5, 2021

Alkohol 70 adalah alkohol dengan kadar 70% yang dapat digunakan untuk mengatasi luka atau sebagai antiseptik dengan kisaran harga alkohol 70 yang mudah terjangkau.

Tak hanya itu, alkohol ini juga dapat digunakan untuk fungsi-fungsi lainnya seperti desinfektan, minyak esensial bahkan penghilang noda di baju.

Namun alkohol 70 juga tidak bisa lepas dari efek samping, yaitu berupa iritasi pada kulit jika digunakan tidak sesuai aturan.

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang dapat berfungsi sebagai antiseptik jika mengalami luka, dan alkohol 70 tidak cocok bagi kulit Anda. Berikut bahan-bahan alaminya!

Kunyit

Kunyit adalah satu bumbu dapur atau bahan rumahan yang sudah tidak asing bagi Anda. Biasanya kunyit banyak digunakan pada masakan untuk membuat aroma yang menggoda.

Selain itu, kunyit merupakan antiseptik alami yang dapat menyembuhkan luka karena mengandung kurkumin yang mampu memodulasi kolagen.

Anda bisa memanfaatkan kunyit yang sudah ditumbuk halus itu untuk dioleskan pada luka atau meminum sari kunyit setiap malam.

Bawang putih

Bumbu dapur ini tentunya juga sudah tidak asing lagi bagi Anda karena kehadiran dan fungsinya cukup vital bagi beberapa menu masakan.

Dibalik itu bawang putih juga dapat menjadi obat antiseptik alami karena mempunya zat antiperadangan, antimikroba, dan antioksidan di dalamnya.

Selain itu, bawang putih merupakan modulator yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda  dari segala macam infeksi.

Anda cukup mengoleskan irisan bawang putih yang ditumbuk ini pada bagian tubuh yang terluka.

Madu

Madu merupakan obat antiseptik alami yang cukup populer dan bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau seperti Alkohol 70.

Diketahui madu mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antiperadangan yang jika dioleskan pada luka akan membuat luka tersebut cepat mengering.

Bubuk batu kapur

Nama lainnya adalah Chuna yang memiliki khasiat dapat menyembuhkan luka pada tubuh. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkannya pada kunyit lalu dipanaskan dan dioleskan pada luka.

Lidah buaya 

Tanaman yang terkenal dengan nama aloe vera ini tidak hanya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala serta wajah.

Namun ternyata juga dapat menyembuhkan luka melalui zat analgesik dan antiperadangan yang dimilikinya.

Selain itu, lidah buaya mengandung fitokimia yang membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Untuk menggunakannya, potong dan ambil gel lidah buaya lalu oleskan pada luka hingga mengering.

Telur

Jika selama ini Anda mengonsumsi telur hanya untuk mendapatkan protein sebagai pembentuk massa otot dalam beraktivitas, Anda juga dapat menggunakannya sebagai penyembuh luka.

Hal ini bisa didapat melalui putih telur yang merupakan sumber protein, dan Anda bisa menggunakan putih telur ini untuk luka yang teramat serius. Putih telur ini akan cepat memproduksi jaringan baru di bagian tubuh yang terluka.

Daun sirih

Anda bisa menggunakan daun sirih pada luka di kulit yang meninggalkan memar. Caranya adalah dengan menempelkan daun tersebut pada bagian yang terluka.

Namun sebelum ditempelkan daun sirih ini harus ditaruh pada permukaan panas saat Anda menanak nasi atau memasak air yang membuat daun lemas sehingga mudah diaplikasikan ke kulit.

Tepung terigu

Tepung terigu kenyataannya bukan hanya untuk bahan dasar kue atau lainnya tapi juga Anda dapat gunakan untuk mengatasi luka terutama saat memasak.

Biasanya luka yang dialami bisa karena luka percikan minyak atau luka bakar ringan. Untuk menggunakannya masukkan bagian yang luka ke dalam mangkuk yang sudah diisikan tepung.

Minyak kelapa

Minyak yang rambut dan kulit serta minyak rendah kolesterol ini juga dapat menyembuhkan luka karena zat monolaurinnya.

Anda bisa mengoleskannya pada bagian yang terluka. Minyak ini juga mempunyai harga yang terjangkau seperti Alkohol 70.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*