Apa itu Swab Antigen? Ini yang Perlu Diketahui

  • September 30, 2021

Tahukah Anda apa itu swab antigen? Swab ini merupakan jenis pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen dari virus corona. Tes ini merupakan salah satu tes paling umum yang dilakukan guna mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus Covid-19 atau tidak.

Berbeda dengan antibodi, antigen adalah racun atau zat yang berasal dari virus atau bakteri penyebab infeksi. Keberadaan antigen inilah yang memicu sel darah putih untuk membentuk antibodi dan melindungi tubuh untuk melawan virus penyebab penyakit.

Hal-hal seputar apa itu swab antigen

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan melakukan pemeriksaan dengan metode swab antigen:

  • Cara kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tes ini dilakukan dengan mendeteksi keberadaan antigen, bukan antibodi yang terbentuk dalam tubuh. Tapi, antigen yang bisa terdeteksi tidak hanya antigen dari virus corona.

Bisa saja, tes ini juga mendeteksi adanya antigen dari virus lain dalam darah Anda dan memberikan hasil tes positif. Ini disebut dengan hasil tes positif palsu.

  • Tingkat akurasi

Tingkat akurasi tentu akan menentukan pertimbangan dalam mengetahui apa itu swab antigen. Menurut penelitian, swab antigen telah mampu mendeteksi 72 persen penderita Covid-19 dengan tepat.

Hanya saja, apabila dibandingkan dengan tes PCR swab di laboratorium, tes ini memiliki akurasi yang lebih rendah. Karena, swab PCR di laboratorium benar-benar dilakukan dengan teknologi medis khusus dan komprehensif, sehingga hasilnya pun lebih akurat. 

  • Pemakaian mandiri

Tahukah Anda bahwa swab antigen juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah? Anda hanya perlu membeli alat rapid test antigen yang dijual secara bebas di toko obat. 

Tapi, ketika akan memakainya secara mandiri di rumah, pastikan Anda mempelajari dengan benar mengenai apa itu swab antigen dan bagaimana cara pakainya. Ini penting untuk menghindari risiko pengambilan sampel yang keliru dan memicu hasil tes negatif palsu.

  • Biaya pemeriksaan

Sebenarnya, biaya pemerisaan swab antigen berbeda-beda. Harga alat yang dijual secara bebas pun juga beragam.

Tapi, secara keseluruhan, biaya tes ini tergolong jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan pemeriksaan di laboratorium. Kisaran biaya yang perlu Anda persiapkan bila ingin melakukan swab antigen dimulai dari Rp50 ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Tindakan setelah mengetahui hasil tes

Anda juga perlu memahami apa itu swab antigen dari kemungkinan hasil yang dikeluarkan. Hanya ada dua kemungkinan hasil tes yang ditunjukkan, antara hasil positif maupun negatif.

  • Hasil tes positif

Hasil tes yang positif menandakan bahwa Anda kemungkinan besar terinfeksi oleh virus corona. Tapi, karena akurasi swab antigen kurang tinggi, biasanya orang yang mendapatkan hasil positif tetap dianjurkan untuk melakukan tes lanjutan di laboratorium. 

Jika Anda memang benar-benar terbukti positif dan merasakan adanya gejala, maka segera lakukan isolasi mandiri di rumah. Batas juga interaksi dengan orang yang tinggal serumah dengan Anda untuk mencegah penularan virus. 

  • Hasil tes negatif

Jika hasil tesnya negatif, artinya kemungkinan besar Anda tidak terinfeksi oleh virus corona. Tapi, ingatlah bahwa Anda tetap perlu berjaga-jaga ketika melakukan interaksi dengan orang lain. 

Tetap gunakan masker, rutin mencuci tangan, dan ikuti protokol kesehatan lainnya. Ini penting untuk diingat demi terhindar dari risiko penularan dari orang lain. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai apa itu swab antigen dan cara pakainya. Jika tidak yakin bisa melakukan swab antigen secara mandiri, gunakanlah layanan swab antigen di fasilitas kesehatan atau di tempat-tempat umum.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*