Cara Mengatasi Efek Samping Obat TBC

  • November 2, 2021

Meminum obat TBC harus secara rutin supaya TBC pada diri Anda sembuh total. Namun perlu juga diingat bahwa obat sudah pasti ada efek samping yang ditimbulkan.

Efek samping yang dihasilkan pun berbeda-beda tergantung pada jenis obat yang diberikan dan dikonsumsi.

Efek samping yang biasanya sering terjadi adalah sakit perut, mual, muntah, tidak nafsu makan, tangan kaki kesemutan atau mati rasa, kulit gatal, ruam, dan memar.

Efek samping lainnya adalah urine berwarna gelap, badan lelah, lemah, demam, dan pandangan kabur.

Lalu bagaimana caranya mengatasi efek samping ini?

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi efek samping sesuai dengan efek samping yang dihasilkan.

Efek samping berupa kelelahan

Apabila Anda mengalami efek samping berupa kelelahan setelah konsumsi obat, Anda perlu berolahraga ringan secara teratur, mencukupi asupan makanan, melakukan aktivitas fisik yang seimbang, usahakan tidur nyenyak di malam hari, dan konsultasi ke dokter apabila Anda sering terbangun di malam hari.

Efek samping berupa pegal

Jika pegal berupa efek samping yang Anda rasakan, cara mengatasinya adalah dengan menghindari olahraga berat jika ada pegal di kaki atau sendi, kurangi konsumsi makanan yang mengandung asam urat tinggi, kompres bagian tubuh yang pegal dengan kantong atau botol berisi air hangat kurang lebih 15 menit, dan lakukan 1-2 kali sehari, rendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur dengan larutan garam.

Efek samping berupa lemas

Untuk efek samping obat TBC berupa lemas usahakanlah untuk istirahat yang cukup, dan biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama, konsumsi kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, susu rendah lemak, ikan, kerang, daging sapi, daging ayam, telur, tahu, tempe, yogurt, minum oralit, dan konsultasi ke dokter jika lemas terasa berat.

Efek samping berupa nafsu makan hilang

Apabila Anda mengalami nafsu makan hilang setelah konsumsi obat TBC Anda bisa melakukan cara-cara dengan makan dalam porsi kecil dan frekuensi lebih sering, konsumsi makanan tinggi kalori dan protein, membuat variasi makanan agar tidak bosan, konsumsi kudapan sehat, konsultasi dengan dokter dan ahli gizi jika memang diperlukan.

Efek samping berupa mual dan muntah

Jika efek samping yang dirasakan berupa mual dan muntah, cara mengatasinya adalah dengan makan dengan porsi kecil dan frekuensi lebih sering, hindari makanan terlalu manis, berminyak, dan berlemak, makan dan minum perlahan, kunyahlah makanan dengan baik untuk membantu pencernaan, jangan berbaring setelah makan, hindari aroma yang merangsang mual, tarik napas secara dalam dan perlahan saat mual, dan minum air putih yang cukup.

Efek samping berupa diare

Jika diare, Anda bisa hindari makanan berserat tinggi dan berminyak, perbanyak minum air putih dan oralit, konsumsi yogurt, dan segera ke fasilitas pelayanan kesehatan jika dalam waktu dua hari diare tak kunjung sembuh.

Efek samping berupa sembelit

Untuk sembelit tetap minum banyak cairan, minum jus buah, aktif bergerak, makan dengan pola makan seimbang dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Efek samping berupa pusing atau sakit kepala

Yang perlu Anda lakukan tidur cukup dan teratur, perbanyak minum air minimal 8-10 gelas per hari, kompres kepala, bahu, dan leher dengan sekantong es, pijatlah kepala selama 15 menit, oleskan minyak gosok dengan aroma yang menenangkan, olahraga, dan latihan meditasi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi efek samping obat TBC yang bisa Anda lakukan.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*