Catat, Ini Cara Menentukan Suhu Ruangan untuk Bayi

  • July 13, 2021

Menentukan suhu ruangan untuk bayi dengan tepat penting untuk diketahui agar si Kecil merasa nyaman. Berada di ruangan dengan suhu yang benar, dapat anak mendapatkan istirahat yang cukup karena tidurnya akan lebih nyenyak.

Selain itu, suhu ruangan yang tepat juga dapat mencegah kecelakaan tidur yang fatal dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). 

Suhu ruangan dapat memengaruhi kualitas tidur Anda

SIDS adalah kematian anak di bawah usia 1 tahun tanpa sebab yang jelas. Kematian ini biasanya terjadi saat tidur. Diyakini bahwa menjadi terlalu panas meningkatkan risiko bayi. 

Jika Anda orang tua baru, inilah yang perlu Anda ketahui tentang suhu ruangan untuk bayi Anda.

Mengapa Suhu Kamar Bayi Penting

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, mengatur suhu ruangan untuk bayi Anda merupakan langkah penting dalam pencegahan SIDS dan memastikan bayi Anda tidur dengan aman. 

Meskipun ada sejumlah faktor yang terkait dengan SIDS, sindrom ini sebagian besar terkait dengan panas berlebih. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa panas berlebih di bulan-bulan musim dingin dikaitkan dengan peningkatan risiko SIDS. 2

Secara garis besar, SIDS terjadi ketika bayi tidak dapat bangun ketika ada yang tidak beres secara fisiologis. Alih-alih menangis dalam kesusahan, bayi yang kepanasan akan lebih cenderung diam.

Suhu yang lebih tinggi membuat bayi sulit untuk bangun karena rangsangan eksternal. 

Pada saat orang tua tiba untuk membangunkan bayi mereka, masalahnya mungkin telah berkembang menjadi situasi krisis. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar Anda menjaga kamar bayi Anda pada suhu yang lebih rendah dan menghindari berpakaian berlebihan saat menidurkannya. 

Perlu diingat bahwa bayi prematur memiliki waktu yang sangat sulit untuk mengatur suhu tubuh mereka dan berada pada peningkatan risiko SIDS. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan suhu ruangan mereka dan berpakaian dengan tepat.

Angka Ideal Suhu Ruangan untuk Bayi

Menjaga suhu kamar yang aman untuk bayi Anda adalah penting karena mengurangi risiko kepanasan, yang telah dikaitkan dengan SIDS.

Idealnya, agar tetap sejuk disarankan suhu ruangan antara 68° dan 72°F (20° hingga 22,2°C).

Meski demikian, angka ini bukanlah patokan pasti yang menentukan apakah bayi benar-benar nyaman. Cara terbaik untuk mengukur tingkat kenyamanan mereka adalah dengan mempertimbangkan bagaimana perasaan Anda di dalam ruangan.

Jika Anda merasa tidak nyaman karena ruangan terlalu dingin atau panas, bayangkan bagaimana perasaan si kecil Anda. 

Jadi sebagai aturan umum, jika suhu kamar tidur nyaman untuk Anda, kemungkinan besar juga nyaman untuk bayi Anda, dan sebaliknya.

Hindari Menggunakan Pakaian Berlapis

Setelah tahu suhu ruangan untuk bayi Anda, pastikan ia berpakaian dengan tepat. Jangan biarkan ia mengenakan pakaian berlapis-lapis. 

Ingatlah bahwa meskipun termostat rumah Anda mengontrol suhu seluruh rumah, suhu di setiap ruangan mungkin sedikit berbeda. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi suhu ruangan.

Misalnya, kamar tidur dengan banyak jendela atau jendela lama mungkin tidak dapat mempertahankan suhu yang sama dengan bagian rumah lainnya. Dan jika ada masalah dengan pekerjaan saluran di sebuah ruangan, udara dingin dan panas mungkin tidak mengalir dengan mudah di ruangan ini. Selain itu, isolasi yang buruk dapat mengubah suhu di ruangan tertentu.

Sebaiknya gunakan termometer dalam ruangan untuk mengukur suhu di kamar bayi Anda, terutama karena suhu di kamar tidur Anda mungkin lebih dingin atau lebih hangat daripada suhu di kamar bayi Anda. 

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*