harga panadol anak

Harga Panadol Anak Murah Atasi Sakit Gigi

  • August 30, 2021

Sakit gigi pada anak dapat menjadi sebuah tanda bahwa ia sedang menderita kerusakan gigi. Kerusakan gigi atau gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman. Sakit gigi parah juga dapat terjadi apabila ada infeksi di gigi atau di dalam gusi di sekitarnya. Sakit gigi biasanya disebabkan karena infeksi atau peradangan di gigi, yang disebut pulpitis.

“Pulp” berwarna merah muda yang ada di dalam gigi membantu menjaga gigi sehat dan hidup. Pulp gigi mengandung jaringan, saraf, dan pembuluh darah. Gigi retak atau berlubang akan membuat udara dan kuman masuk ke dalam gigi. Hal ini kemudian akan mengiritasi dan menginfeksi saraf pulp yang sensitif, menyebabkan sakit gigi yang mengganggu. Selain mengatasi sakit kepala, obat seperti Panadol juga dapat meredakan rasa sakit tersebut. Harga Panadol anak terbilang relatif murah dan bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. 

Harga Panadol anak berkisar di angka 10 ribu rupiah, dan digunakan salah satunya untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi dan sakit kepala. Sakit gigi juga dapat ditemani dengan gejala lain, seperti rasa nyeri parah saat menggigit sesuatu, gigi yang sensitif, nyeri mulut, nyeri pada rahang, pembengkakan gusi dan mulut, rasa tidak enak di mulut, bau mulut yang tidak sedap, nanah, dan demam. 

Baik orang dewasa dan anak dapat menderita sakit gigi. Hubungi dokter gigi secepatnya apabila anak menunjukkan gejala atau tanda-tanda di atas yang disebutkan sebelumnya. Anak perlu mendapatkan pemeriksaan gigi dan sinar-X guna mengetahui apa yang menyebabkan sakit gigi. Adapun beberapa kemungkinan penyebab sakit gigi pada anak di antaranya adalah:

  • Gigi berlubang

Gigi berlubang adalah penyebab utama sakit gigi. Hal ini dapat terjadi ketika bakteri merusak lapisan luar enamel yang kuat. Bakteri merupakan bagian kesehatan mulut dan tubuh. Akan tetapi, terlalu banyak gula dan makanan lain pada gigi dapat menyebabkan terlalu banyak bakteri di dalam mulut. Bakteri dapat menyebabkan plak yang menempel di gigi. Beberapa bakteri dapat memproduksi asam yang berujung pada rongga atau lubang pada gigi. Gigi berlubang akan tampak seperti bercak putih, cokelat, atau hitam kecil pada gigi Anda. 

  • Abses gigi

Kondisi ini terjadi ketika sebagian atau semua bagian “pulp” yang ada di dalam gigi mati. Jaringan yang mati akan membuat sebuah “kantong” yang terisi bakteri dan nanah yang dikenal dengan sebutan abses. Infeksi atau peradangan pada gigi dapat menyebabkan kondisi ini. Gigi yang rusak juga dapat menyebabkan abses gigi apabila tidak diobati secepatnya. Hal ini terjadi ketika lubang atau gigi yang retak membuat bakteri untuk masuk ke dalam gigi. 

  • Gigi yang retak

Kondisi ini dapat terjadi ketika anak menggigit sesuatu yang bertekstur keras seperti es batu. Anak juga bisa menderita gigi yang retak ketika terjatuh atau terbentur benda keras pada bagian wajah. Dalam beberapa kasus, keretakan gigi yang dapat berkembang secara perlahan seiring dengan berjalannya waktu. Gigi yang retak dapat menyebabkan rasa nyeri parah. Keretakan tersebut akan menyebabkan sisa-sisa makanan masuk ke celah-celah igi dan menyebabkan iritasi atau menginfeksi pulp dan saraf, memicu rasa nyeri parah. 

Untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi pada anak, orang tua dapat memberikan anak obat OTC seperti Panadol anak. Harga Panadol anak relatif murah dan hanya berkisar di angka 10 ribu rupiah. Anda bisa mendapatkan obat OTC ini di apotek terdekat. JIka sakit gigi tidak kunjung sembuh atau malah bertambah menjadi lebih parah, hubungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan medis yang tepat.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*