Yang Dirasakan Ibu Saat Janin 30 Minggu

Yang Dirasakan Ibu Saat Janin 30 Minggu

  • November 4, 2021

Ketika janin 30 minggu atau dalam fase tujuh bulan usia kehamilan, maka si buah hati sudah mulai mengalami banyak perkembangan. Adapun perkembangan tersebut menyasar untuk semua aspek, mulai dari penglihatan, berat badan, panjang, bentuk otak, sampai pergerakan kepala yang mulai turun ke bawah rahim. 

Seiring dengan berkembangnya si buah hati, ibu hamil yang memasuki fase tujuh bulan juga ikut merasakan adanya berbagai perbedaan. Secara umum, yang paling sering dirasakan ibu hamil saat janin 30 minggu adalah rasa mudah lelah. Kondisi tersebut bisa dialami para ibu hamil karena saat kandungan tujuh bulan berat badan juga mengalami kenaikan. 

Di samping itu, rasa mudah lelah dapat dialami ketika janin 30 minggu karena tubuh ibu hamil memproduksi banyak hormon yang bisa menyebabkan persendian jadi melonggar. Selain itu, hal yang dirasakan ibu hamil saat usia kandungan tujuh bulan adalah munculnya tanda awal masa kehamilan karena perubahan hormon. 

Tanda-tanda awal masa kehamilan yang dimaksud bisa berupa sembelit, kembung, payudara melunak, merasa ada sensasi panas pada bagian dada, sampai rasa ingin terus buang air kecil. Bahkan, saat usia kandungan tujuh bulan, beberapa sumber mengatakan ibu hamil menjadi sulit menahan buang air kecil. 

Tidak bisa menahan buang air kecil ini mungkin saja bisa dialami karena adanya perkembangan pada janin 30 minggu. Dugaan ini tidak lepas dari sumber yang menyarankan saat usia kehamilan tujuh bulan, ibu hamil diminta untuk menjaga asupan air mineral, di samping makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein.

Adapun hal lain yang bisa dialami ibu hamil saat janin 30 minggu adalah kesulitan untuk tidur. Pasalnya, ada beberapa sumber yang menyatakan saat usia kehamilan sudah 30 pekan, ibu hamil dilaporkan bisa mengalami susah tidur atau insomnia. Di sisi lain, dalam fase hamil 30 minggu, ibu hamil juga bisa merasakan rasa nyeri di bagian punggungnya.

Lebih lanjut, perubahan pada ibu hamil 30 pekan ialah kemungkinan terjadinya perubahan suasana hati secara drastis. Di samping itu, stretch mark pada kulit di sekitar bawah perut juga sudah mulai muncul. Meski demikian, ibu hamil yang kandungannya telah 30 pekan sudah harus mempersiapkan proses melahirkan. 

Pasalnya, ketika janin 30 minggu, banyak yang kasih saran kalau ibu hamil sebaiknya sudah menjalani senam kegel. Tujuan senam tersebut tentunya untuk membantu dalam proses melahirkan nanti. Di sisi lain, peran dari pasangan anda selama fase ini juga tak kalah penting. Sebab, jalinan antara ayah dan anak sudah mulai dapat dibangun saat usia kandungan tujuh bulan. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan terus memegang perut pasangannya untuk merasakan janin yang mulai bisa bergerak. 

Dari penjelasan di atas, kita telah ketahui bersama apa saja yang mungkin dialami ibu hamil saat janin sudah 30 minggu. Meskipun terkesan tidak enak, tapi kondisi itu memang sesuatu yang wajar dialami. Oleh karena itu, jika anda merasakan nyeri, misalnya di punggung, maka jangan pernah sungkan untuk meminta pasangan anda melakukan pijatan ringan atau sekedar mengelus. 

Lepas dari itu, yang penting ialah anda tetap menjaga kesehatan sebagaimana telah disebutkan di atas, yakni menjaga asupan air mineral dan makanan ringan yang kaya protein dan karbohidrat. 

Akhir kata, semoga artikel singkat mengenai yang dapat dirasakan ibu hamil saat janin 30 minggu bisa bermanfaat. Namun demikian, anda tetap disarankan untuk bertanya langsung kepada dokter kandungan perihal efek dari perkembangan janin 30 minggu. Besar harapan anda dan si buah hati selalu dalam keadaan sehat.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*