Pahami Prosedur Tes Urin di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

  • June 18, 2021

Tes urin atau urinalisis adalah suatu tes sederhana yang menggunakan sampel kecil urin. Tes urin dapat membantu menemukan masalah yang memerlukan perawatan atau pengobatan, termasuk infeksi atau masalah ginjal. Selain itu, tes urin juga dapat membantu menemukan penyakit serius pada tahap awal, seperti penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit hati. Jika Anda membutuhkan tes urin, maka Anda bisa menghubungi rumah sakit yang menyediakan layanan tes urin, salah satunya adalah RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Cara Kerja Tes Urin

Ada tiga cara untuk menganalisis pada metode tes urin yang bisa dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta ini. 

Salah satu metodenya yaitu dengan melakukan pemeriksaan visual, yaitu memeriksa warna dan kejelasan. Jika kencing mengandung darah, warnanya mungkin merah atau cokelat tua. Adanya busa pada air seni bisa menjadi tanda penyakit ginjal, sedangkan air seni yang keruh bisa berarti Anda mengalami infeksi.

Selanjutnya, ada pemeriksaan mikroskopis yang dilakukan untuk memeriksa hal-hal yang terlalu kecil untuk dilihat. Beberapa hal yang tidak boleh ada dalam urin Anda yang dapat ditemukan mikroskop meliputi:

  • sel darah merah
  • sel darah putih
  • bakteri
  • kristal (gumpalan mineral, kemungkinan merupakan tanda adanya batu ginjal)

Bagian ketiga dari urinalisis adalah tes dipstick, yang menggunakan strip plastik tipis yang diberi bahan kimia. Strip plastik tersebut nantinya akan dicelupkan ke dalam urin, dan bahan kimia pada tongkat bereaksi dan berubah warna jika kadarnya di atas normal. Hal-hal yang dapat diperiksa oleh tes dipstick meliputi:

  • Keasaman, atau pH. Jika kadar asamnya tidak normal, Anda bisa jadi menderita batu ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), atau kondisi lain.
  • Protein. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa ginjal tidak bekerja dengan benar, karena ginjal menyaring produk limbah dari darah.
  • Glukosa. Kandungan gula yang tinggi merupakan tanda dari penyakit diabetes.
  • Sel darah putih. Jika terdapat sel darah putih, maka hal ini merupakan tanda infeksi atau peradangan, baik di ginjal atau di tempat lain di sepanjang saluran kemih Anda.
  • Nitrit. Jika terdapat nitrit pada air seni, maka artinya ada infeksi bakteri jenis tertentu.
  • Bilirubin. Jika  bilirubin yang biasanya dikeluarkan oleh hati Anda muncul di air seni, itu mungkin berarti bahwa hati Anda tidak bekerja dengan baik.
  • Jika urin terdapat darah maka hal ini bisa menjadi tanda infeksi atau penyakit tertentu.

Persiapan Tes Urin

Jika Anda akan menjalani tes urin, maka Anda harus menjaga pola makan dan minum secara normal sebelum melakukan prosedur tes urin. Hindari makanan atau minuman yang mengandung bit dan pewarna makanan karena dapat menghitamkan urin Anda. Anda juga dapat memberi tahu dokter tentang semua obat yang sedang Anda minum, termasuk obat yang dijual bebas, vitamin, dan suplemen. Jika Anda mengalami menstruasi, Anda juga sebaiknya memberitahu dokter sebelum tes.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengumpulkan sampel urin di rumah dan membawanya, atau Anda akan membuatnya di kantor dokter atau rumah sakit.Petugas medis biasanya akan memberi Anda wadah untuk sampel.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapat hasil sampel yang bersih dan baik:

  • Cuci area di sekitar lubang kencing.
  • Mulai buang air kecil di toilet.
  • Berhenti sebentar lalu letakkan 1-2 ons air seni ke dalam wadah.
  • Lalu selesaikan buang air kecil di toilet.
  • Ikuti petunjuk dokter saat menyerahkan sampel.

Untuk bayi dan orang lain yang tidak dapat memberikan sampel dengan cara ini, dokter mungkin harus memasukkan tabung sempit dan lembut yang disebut kateter melalui lubang kemih dan ke dalam kandung kemih .

Hasil Tes Urin

Urinalisis atau tes urin merupakan salah satu metode untuk mendapatkan informasi mengenai apa yang terjadi di dalam tubuh. Tes dapat menunjukkan tanda-tanda peringatan tentang kondisi tubuh Anda tetapi tidak dapat memberitahu dokter Anda dengan pasti bahwa ada sesuatu yang salah dengan Anda. Hasilnya mungkin merupakan petunjuk bahwa Anda memerlukan lebih banyak tes selanjutnya. Misalnya, jika hasil Anda terdapat sedikit abnormal dan Anda tidak memiliki gejala penyakit lain, dokter Anda mungkin tidak melakukan tes lain. Jika Anda sudah memiliki masalah ginjal atau infeksi saluran kemih, dokter Anda mungkin ingin mengubah rencana pengobatan. Untuk Anda yang ingin melakukan tes urin, Anda bisa menghubungi rumah sakit terdekat di kota Anda yang memberikan layanan tes urin, seperti RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*