amandel pada anak

Penyebab Amandel pada Anak dan Cara Mengobatinya

  • November 18, 2021

Anak atau balita terkadang memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Bahkan segala macam benda bisa dimasukkan ke mulutnya tanpa menilai dahulu apakah itu makanan, minuman atau benda asing yang tidak wajar. Ketika hal ini terjadi, Anda perlu waspada terhadap  virus maupun bakteri yang kemungkinan menjadi penyebab amandel. Sebagai upaya tubuh untuk bertahan dari infeksi, maka muncul gangguan radang pada bagian amandel di tenggorokan. diri dari infeksi.

Tapi amandel yang ada di tenggorokan belakang juga bisa mengalami infeksi sendiri dan memicu terjadinya Radang Amandel. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga rentan mengalami radang pada bagian amandel. Namun, anak-anak dinilai rentan karena sulit mengendalikan apa yang dimakan ataupun diminum. Berikut beberapa penyebab amandel pada anak secara umum:

  1. Faktor usia muda

Pada dasarnya semua usia bisa  menderita Radang Amandel. Namun, bagi anak yang masih berusia sangat muda, berisiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Penyebab amandel dari infeksi bakteri bagi usia muda terjadi pada rentang umur sekitar 5 – 15 tahun. Sementara jika penyebabnya virus, maka lebih sering menyerang anak yang berusia di bawah 5 tahun.

  1. Intensitas terpapar bakteri atau virus

Interaksi sosial yang tinggi pada anak-anak menjadi hal sangat umum dan bahkan jadi kunci pertumbuhan anak yang baik di masa depan. Bersama dengan sisi positif tersebut, anak juga menjadi lebih rentan terkena virus atau pun bakteri dari orang lain. Sehingga radang amandel tidak terhindari. 

Biasanya kedua penyebab tersebut menular lewat  bersin, batuk dan sentuhan. Alat makan juga berisiko menjadi sarana penyebaran virus dan bakteri. Selain itu, makanan dan minuman yang kurang higienis juga bisa menjadi tempat singgah bagi virus dan bakteri.

Diagnosa Radang Amandel pada anak

Banyak yang menilai diagnosa Radang Amandel mirip  dengan Radang Tenggorokan. Padahal keduanya berbeda, meski banyak ciri yang menyerupai. Berikut diagnosa pada amandel yang harus Anda ketahui. Namun, upayakan untuk tetap mengutamakan pemeriksaan ke dokter.

  • Ada peradangan yang berwarna merah di sekitar amandel dan terjadi bengkak. Sementara itu untuk Radang Tenggorokan hanya berupa bintik-bintik merah yang terlihat di rahang dalam bagian atas atau langit-langit mulut.
  • Penderita Radang Amandel biasanya akan merasakan kondisi leher yang kaku dan juga sakit. Sedangkan untuk Radang Tenggorokan biasanya merasakan tidak enak dan pegal-pegal pada seluruh badan.
  • Terjadi perubahan warna di sekitar area amandel. Biasanya jika terjadi radang, warna amandel akan berubah jadi putih atau kuning. Jika pada Radang Tenggorokan, warna amandel akan jadi merah dan ada garis warna putih nanah.

Pengobatan penyebab amandel pada anak

  1. Perawatan Di Rumah

Anda bisa melakukan Perawatan di rumah dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Konsumsi air putih lebih banyak;
  • Konsumsi olahan air hangat seperti teh dan lain-lain;
  • Menggunakan pelembab udara ruangan;
  • Istirahat cukup;
  • Kumur air garam yang hangat;
  • Konsumsi permen untuk pelega tenggorokan;
  • Konsumsi obat paracetamol untuk meringankan nyeri.
  1. Pengobatan Medis
  • Konsumsi Asetaminofen untuk meringankan demam sesuai petunjuk dokter
  • Obat yang non-steroid anti-inflamasi contohnya ibuprofen
  • Gunakan antibiotik
  • Tindakan Tonsilektomi atau operasi mengangkat amandel

Penyebab amandel yang utama adalah infeksi virus maupun bakteri. Sehingga agar anak Anda tidak mengalami masalah ini, bisa mengawasi segala benda yang masuk ke mulut. Itulah sebabnya, utamakan untuk datang dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*