Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

  • November 12, 2021

Selama hamil, seorang wanita mengalami perubahan hormone yang drastis. Perubahan hormone ini terjadi guna mendukung tumbuh kembang bayi selama masa kehamilan. Peningkatan hormon estrogen selama kehamilan justru membuat rambut tumbuh lebat dan jarang terjadi kerontokan. Namun, setelah melahirkan beberapa kadar hormone akan mengalami penurunan dengan cepat, termasuk hormone estrogen. Penurunan hormone estrogen ke tingkat normal ini dapat menyebabkan wanita mengalami rambut rontok setelah melahirkan

Hormon memiliki peranan penting dalam pertumbuhan folikel rambut. Oleh karena itu, hormone memiliki peranan dalam perubahan rambut selama masa kehamilan dan pasca melahirkan. Selama kehamilan, kadar estrogen yang tinggi membuat rambut kuat dan jarang mengalami kerontokan. Selain itu, tingginya kadar estrogen juga mempengaruhi peningkatan volume dan sirkulasi darah yang menyebabkan rambut Anda rontok lebih sedikit dari biasanya. 

Ketika sudah melahirkan, kadar hormon Anda akan kembali ke tingkat normal sebelum kehamilan. Penurunan hormone estrogen ini kemudian memicu rambut Anda untuk kembali ke siklus pertumbuhan, istirahat, dan rontok. Nah setelah melahirkan, sebagian besar rambut Anda akan segera memulai fase istirahat. Lalu, beberapa bulan kemudian, setelah mengalami fase istirahat rambut akan mulai mengalami kerontokan beberapa minggu kemudian.

Rambut rontok pada wanita setelah melahirkan akan terlihat selang beberapa bulan pasca melahirkan. Kerontokan mungkin akan lebih banyak dari biasanya dan dalam sehari bisa mencapai 100 helai yang rontok. Kondisi ini dinamakan Telogen effluvium, yang berarti kerontokan yang berlebihan. Dalam suatu kasus, wanita pasca melahirkan yang mengalami telogen effluvium akan mengalami kerontokan hingga 3 kali lipat dari biasanya. 

Meskipun Anda mengalami kerontokan rambut yang cukup banyak, namun kondisi ini masih dikatakan normal. Karena kerontokan rambut yang meningkat setelah melahirkan bukanlah tanda bahwa Anda kehilangan rambut secara permanen. Anda akan mengalami masa kerontokan selama kurang lebih 1- 12 bulan pasca melahirkan dan akan mengalami puncak kerontokan pada bulan ke 4-6 bulan. 

Setelah bayi Anda berumur 12 bulan, Anda mungkin mengharapkan rambut Anda akan tumbuh normal kembali. Rambut yang rontok setelah melahirkan biasanya akan tumbuh kembali seiring waktu. Anda akan memiliki banyak rambut baru yang jauh lebih pendek daripada rambut Anda yang lain. Hal ini merupakan untaian rambut baru yang tumbuh, dan merupakan bagian normal dari proses pertumbuhan rambut pascamelahirkan.

Anda tidak dapat mencegah rambut rontok setelah melahirkan. Meskipun begitu, kondisi ini merupakan bagian normal dari pemulihan dari kehamilan. Tidak ada perawatan untuk menghentikan telogen effluvium atau untuk mempercepat pertumbuhan rambut baru. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Karena kandungan pada makanan yang sehat  dapat membantu rambut tumbuh setelah fase kerontokan berakhir.

Selama proses pertumbuhan rambut, Anda dapat menggunakan produk atau teknik penataan rambut untuk meningkatkan penampilan rambut Anda. Gunakan produk volumizing, karena dapat membuat rambut Anda tampak lebih penuh. Potongan baru atau warna baru juga dapat meningkatkan penampilan rambut Anda.  Hindari penggunaan hairdryer dan pengeriting rambut karena akan membuat rambut Anda terlihat tipis. 

Jika rambut Anda terus mengalami penipisan bahkan setelah 18 bulan melahirkan, segera konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui masalah yang terjadi. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan lain yang menyebabkan kerontokan rambut, seperti anemia atau kondisi tiroid.

Pemulihan rambut rontok setelah melahirkan dapat Anda atasi dengan beberapa cara berikut yaitu mengubah pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi, konsumsi suplemen vitamin, dan gunakan produk perawatan rambut yang mendukung pertumbuhan rambut Anda.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*