Penyebab Susah Hamil pada Wanita: Endometriosis Hingga Faktor Usia

Penyebab Susah Hamil pada Wanita: Endometriosis Hingga Faktor Usia

  • October 22, 2021

Pasangan yang baru menikah tentu saja ingin segera memiliki keturunan dalam keluarga kecilnya. Namun terkadang ada beberapa pasangan begitu sulit mendapatkannya. Entah apa yang menjadikannya susah hamil. Penyebab susah hamil bukan hanya terkait kesuburan saja namun terkadang ada beragam kondisi lain yang perlu kamu ketahui. Penyebabnya terkadang dari kebiasaan keseharian maupun kondisi tubuh wanita itu sendiri.

Apabila kita menyadarinya pasti ada sejumlah hal yang menjadi gejalanya. Dimana gejala itu bakalan dirasakan oleh seorang wanita sampai harus mengganggu beragam aktivitasnya. 

Jika kamu mengalami permasalahan susah hamil. Alangkah baiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter supaya nantinya memperoleh informasi yang akurat hingga memperoleh penanganan tepat.

Penyebab susah hamil yang terjadi pada wanita

Pasangan suami istri ada kalanya mengalami permasalahan sulit memiliki momongan. Entah itu karena permasalahan berada pada pihak pria ataukah wanita. Tak jarang kita menemui sudah menikah begitu lama namun belum juga hamil. Berbagai macam langkah cara pun sudah ditempuh tetapi belum juga membuahkan hasil.

Dari sini kita bakalan membahas mengenai penyebab susah hamil. Melalui pembahasan ini nantinya kamu bakalan mengerti apa saja yang membuat seorang wanita susah hamil. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya:

1. Kondisi endometriosis

Perlu kamu ketahui ternyata masalah kesuburan wanita juga menjadi penyebab wanita sulit hamil. Endometriosis bisa terjadi saat jaringan dinding rahim tumbuh bagian luar rahim.

Jaringan yang tumbuh pada indung telur nantinya bisa mengakibatkan infertilitas pada seorang wanita. Hampir sebagian wanita mengalami masalah kesuburan setelah mereka menikah.

2. Siklus menstruasi buruk

Ketika siklus menstruasi memburuk maka hal tersebut juga berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Sebetulnya hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya gangguan masa ovulasinya.

Alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter supaya nantinya bisa memperoleh solusi atas permasalahan tersebut.

3. Umur yang tidak lagi muda

Bertambahnya usia pada seorang wanita ternyata menyebabkan menurunnya sebuah fungsi, kualitas maupun kuantitas dari sel telur. Inilah mengapa wanita begitu susah hamil padahal masalah haidnya terbilang lancar. 

Biasanya sel telur yang berkurang kualitasnya terjadi pada wanita dengan usia mulai dari 30 tahun. Meskipun begitu ternyata ada pula wanita yang mengalami kondisi seperti itu ketika berada di usia 40 tahun. Inilah mengapa wanita disarankan supaya mereka tidak melakukan promil saat usianya sudah berada di atas 35 tahun.

4. Gaya hidup terbilang kurang sehat

Penyebab susah hamil ternyata juga dikarenakan gaya hidup tidak sehat. Apalagi jika kamu melakukan kebiasaan seperti begadang, merokok maupun minum alkohol. Bahkan pola diet yang terbilang buruk juga menjadi salah satu pemicu susah hamil. 

Kebiasaan hidup yang buruk ternyata menjadikan tubuh harus kekurangan asupan zat penting. Adapun zat tersebut meliputi zat besi, zinc maupun vitamin B 12. 

5. Jarang melakukan hubungan seksual

Pembuahan terjadi saat pasangan suami istri melakukan hubungan seksual saat masa suburnya tiba. Frekuensi hubungan seksual yang terbilang jarang tentu saja melewatkan masa subur wanita. 

Hingga akhirnya pembuahan pun tidak terjadi. Alangkah baiknya kamu melakukan hubungan seksual saat masa subur tiba jika memang berkeinginan memiliki momongan.

6. Kualitas sperma memburuk

Memang cukup banyak sekali faktor yang menjadikan wanita begitu sulit hamil. Dimana faktor tersebut bisa juga datang dari kondisi pria. Dimana kualitas spermanya sudah memburuk sehingga kamu begitu sulit untuk hamil. Biasanya hal tersebut dikarenakan kebiasaan buruk pria yakni minum alkohol bahkan merokok.

Itulah tadi beberapa penyebab susah hamil pada seorang wanita yang perlu anda ketahui. Sebetulnya masih banyak sekali lainnya. Di atas hanya sebagian besarnya saja dan semoga bisa memperluas pengetahuan kamu.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*