Rahasia di Balik Sehatnya Kaldu Jamur

  • June 8, 2021

Apakah Anda penggemar dan pengguna kaldu jamur? Selain rasanya yang lezat, tahukah Anda manfaat kesehatan dibalik jamur tersebut? Jamur tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Jamur yang tidak beracun mengandung banyak nutrisi dan menyehatkan. Selain itu, jamur juga memiliki rasa yang lezat. Selama bertahun-tahun, jamur telah digunakan karena kemampuan uniknya dalam menambahkan rasa ke dalam berbagai jenis masakan. Jamur dapat membantu Anda menambahkan rasa ekstra tanpa perlu garam ataupun lemak. Bagi orang awam, Anda harus berhati-hati sebelum menggunakan jamur yang tumbuh di hutan atau pekarangan, karena beberapa jenis dari jamur sangat beracun. Untuk itu, Anda harus menggunakan jamur yang umum dijumpai di supermarket atau menggunakan kaldu jamur siap sedia. 

kaldu jamur terbaik

Selain kaldu jamur, jenis jamur yang bisa ditemukan di supermarket di antaranya adalah jamur shiitake, crimini, enoki, maitake, dan portobello. Masing-masing dari jamur tersebut memiliki rasa dan tampilan yang unik. Jika Anda tidak menggunakan kaldu jamur dan lebih memilih menggunakan jamur segar, pilihlah jamur yang terasa keras, tidak lembap saat disentuh, dan bebas jamur. Selain memiliki rasa yang lezat, kaldu jamur dan jamur segar juga sangat baik untuk kesehatan. Jamur bebas lemak, memiliki sodium dalam kadar yang rendah, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Jamur juga diperkaya dengan serat, vitamin, dan mineral. Manfaat dan nutrisi yang bisa Anda dapatkan akan tergantung pada jenis jamur yang dikonsumsi. Namun, kaldu jamur dan jamur segar biasanya mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak yang dapat menyebabkan kondisi seperti penyakit jantung dan kanker. Antioksidan juga akan melindungi Anda dari kerusakan akibat usia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jamur kaya antioksidan yang disebut selenium. Faktanya, jamur merupakan sumber mineral terbaik. 

  • Beta glucan

Beta glucan adalah sejenis serat diet larut yang telah dihubungkan dengan manfaatnya terhadap kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Beta glucan juga dapat membantu mengatur gula darah, mengurangi risiko diabetes tipe 2. Jamur shiitake dipercaya memiliki beta glucan paling efektif. 

  • Vitamin B

Jamur kaya akan kandungan vitamin B seperti riboflavin, niasin, dan asam pantothenic. Kombinasi tersebut dapat membantu melindungi kesehatan jantung. Riboflavin sangat baik untuk sel darah merah. Niacin baik untuk sistem pencernaan dan untuk menjaga kulit yang sehat. Dan asam pantothenic baik untuk sistem saraf dan membantu tubuh membuat hormon yang dibutuhkannya. 

  • Tembaga

Tembaga membantu tubuh membuat sel darah merah, yang mana akan digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mineral ini juga penting untuk proses lain di dalam tubuh, seperti menjaga tulang dan saraf yang sehat. 

  • Potassium

Potassium sangat penting untuk fungsi jantung, otot, dan saraf. 

Jamur dan kaldu jamur merupakan makanan yang sangat “versatile”. Anda dapat mempersiapkannya dengan berbagai cara dan mencampurnya dengan beragam bahan lainnya. Anda bisa menambahkan kaldu jamur atau potongan jamur segar ke dalam sup dan hidangan ala Italia. Bahkan beberapa jenis jamur dapat dihidangkan sebagai burger atau steak karena teksturnya yang menyerupai daging. Anda bisa mendapatkan banyak resep cara menggunakan kaldu jamur dan berbagai jenis jamur segar sesuai dengan selera Anda. Jika sebelumnya Anda jarang makan jamur, rasa yang lezat, tekstur yang unik, dan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kaldu jamur dan jamur cukup menjadi alasan bagi Anda memasukkan bahan makanan ini ke dalam menu sehari-hari.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*