Rasakan Gejala Ini, Cek Fungsi Ginjal di Prodia Salatiga

  • August 13, 2021

Pemeriksaan apa yang biasa Anda lakukan tiap kali pergi ke laboratorium, seperti di Prodia Salatiga ataupun penyedia layanan kesehatan lainnya? Hampir bisa dipastikan, hanya sedikit orang yang memilih melakukan tes fungsi ginjal apabila belum terdiganosis “sakit ginjal” oleh dokter. Padahal, melakukan tes fungsi ginjal secara rutin bisa membuat kemungkinan masalah besar pada organ penting ini menjadi berkurang karena dapa tlekas ditangani. 

Kekurangpedulian orang terhadap fungsi ginjalnya tergambar jelas dari hanya sekitar 10 persen orang yang mengetahui bahwa mereka menderita masalah ginjal yang bisa makin berat dari waktu ke waktu. Selain karena malas melakukan tes kesehatan, minimnya kesadaran akan fungsi ginjal dikarenakan juga gejala dari penyakit ginjal yang rata-rata tampak seperti masalah umum yang tidak terlalu berbahaya. 

Dalam tahap awal atau jangka menengah, penyakit ginjal kronis bahkan hanya menyajikan gejala yang tidak terlalu spesifik seperti di bawah ini. Namun jika Anda mengalami beberapa di antaranya, sudah seharusnya Anda melakukan tes fungsi ginjal di Prodia Salatiga ataupun penyedia layanan kesehatan lainnya. 

Selalu Merasa Lelah 

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal inilah yang berimbas pada rasa lelah yang berlebihan dirasakan oleh seseorang. Rasa lelah yang selalu dialami oleh penderita penyakit ginjal disebabkan pula oleh komplikasi kea rah anemia sehingga tubuh terasa lelah dan lemas. 

Kehilangan Nafsu Makan 

Anda memiliki nafsu makan yang buruk? Hati-hati, bisa jadi ada masalah di ginjal Anda. Penting untuk segera membuat janji dengan Prodia Salatiga untuk melakukan tes fungsi ginjal. Kehilangan nafsu makan sendiri merupakan gejala penurunan fungsi ginjal yang sangat umum, namun terlihat tidak berbahaya. 

Mudah Kram 

Ketidakseimbangan elektrolit merupakan pemicu dari kondisi kram yang menimpa Anda. Ketidakseimbangan ini dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kram otot.

Sering Buang Air Kecil 

Intensitas buang air kecil yang meningkat pada malam hari tidak boleh diremehkan karena bisa mengacu pada kondisi ginjal yang bermasalah. Soalnya ketika filter ginjal rusak, peningkatan keinginan untuk buang air kecil pun menjadi sulit terbendung. Terkadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria yang juga harus segera diatasi jika tidak ingin berujung pada masalah ginjal yang semakin parah. 

Gangguan Tidur 

Ketika ginjal tidak menyaring dengan benar, racun tetap berada di dalam darah. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Jadi, cobalah lakukan medical check up secara menyeluruh apabila Anda termasuk orang-orang yang kerap mengalami gangguan tidur. Pasalnya, gangguan tidur bukan hanya gejala, melainkan juga dapat menjadi pemicu penyakit kronis lainnya. 

Urine Berbusa dan Berdarah

Pernahkah Anda harus menyiram sisa urine sampai berkali-kali karena urine bergelembung dan berbusa? Jika pernah, segera lakukan tes fungsi ginjal di Prodia Salatiga. Urine yang berbusa menunjukkan protein dalam urine terlalu banyak, yang tidak bisa tersaring oleh ginjal. Dalam artian lain, ada masalah di ginjal Anda.  Selain berbusa, urine juga bisa bercampur dengan darah karena filter ginjal yang terganggu. 

Kulit Kering dan Gatal 

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting, termasuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah Anda. Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda adanya gangguan jumlah mineral pada darah Anda. Gejala ini sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat dalam darah Anda.

Pembengkakan Kaki 

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium. Ini menimbulkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

*** 

Bagaimana jika hasil tes fungsi ginjal di Prodia Salatiga menampilkan hasil yang buruk? Tentunya dengan hasil tersebut, penanganan dengan dokter spesialis bisa langsung dilakukan sehingga kondisi ginjal Anda tidak bertambah parah secara signifikan dalam waktu yang cepat. 

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*