Sekarang Test COVID-19 Bisa di Kimia Farma Cikini

  • July 8, 2021

Laboratorium Klinik Kimia Farma Cikini melayani pemeriksaan tes COVID-19, seperti rapid test antibody, rapid test antigen, dan juga PCR Test. Hal ini merupakan upaya PT Kimia Farma (Persero) Tbk, selaku perusahaan farmasi milik BUMN, menangani kasus COVID-19 yang kian meresahkan.

Mengusung konsep One Stop service, Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir mengatakan, diharapkan seluruh Laboratorium Klinik Kimia Farma, terutama Kimia Farma Cikini dan seluruh daerah dapat menjadi fasilitas kesehatan yang memadai dan modern, serta dapat meningkatkan layanan kesehatan di berbagai daerah.

Sebagai informasi, swab test korona merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi virus penyebab COVID-19. Pemeriksaaan ini juga sering disebut sebagai PCR atau (polymerase chain reaction).  Dalam swab test COVID-19, petugas medis akan mengambil sampel dari saluran pernapasan, yaitu hidung dan tenggorokkan. 

Setelah itu, sampel akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa ada atau tidaknya virus COVID-19 di tubuh kita. Pemeriksaan COVID-19 dapat dilakukan dengan metode PCR, yaitu dengan menganalisis DNA atau RNA (materi genetik) yang terdapat dalam virus. MEski sampel yang diambil hanya dapat mengambil materi genetik dengan jumlah yang sedikit, dengan adanya pemeriksaan PCR akan melipatgandakan DNA dan RNA virus corona.

Swab test masih menjadi andalan dalam mendeteksi COVID-19. Selain swab test, terdapat jenis lainnya untuk melakukan deteksi infeksi virus corona, yaitu dengan rapid test atau tes cepat. Sayangnya, tes ini hanya mendeteksi IgG dan IgM atau bagian antibodi yang terbentuk karena adanya infeksi. 

Antibodi virus pada umumnya baru akan terbentuk sekitar 7 hari setelah virus masuk ke tubuh. Sehingga, Pemeriksaan dengan metode rapid test pun dianggap kurang akurat untuk dijadikan diagnosis karena rentan hasil negatif palsu karena belum terbentuknya antibodi dari virus. Orang yang menjalani tes cepat atau rapid tes dan mendapatkan hasil non-reaktif, belum tentu tidak terinfeksi virus corona.

Kini, untuk mendukung tracing penyebaran virus COVID-19, setiap Laboratorium Klinik Kimia Farma seperti Kimia Farma Cikini dapat melakukan pemeriksaan COVID-19. Pelanggan dapat melakukan reservasi dengan melalui telpon atau aplikasi maupun website healthtech company seperti SehatQ. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan di Kimia Farma Cikini.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Cikini juga menyediakan layanan home service tes COVID-19. Masyarakat bisa melakukan reservasi pemeriksaan tes COVID-19 melalui aplikasi Whatsapp atau aplikasi Kimia Farma Mobile. Tidak hanya itu, Laboratorium Klinik Kimia Farma Cikini juga bekerja sama dengan aplikasi dan perusahaan Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka dan Tiket.com. Masyarakat dapat melakukan reservasi untuk pemeriksaan melalui aplikasi tersebut. 

Laboratorium Klinik Kimia Farma Cikini juga sudah melayani vaksinasi, terutama vaksinasi gotong royong. Seperti yang kita tahu, holding perusahaan farmasi BUMN telah dipercaya untuk menjadi distributor program Vaksinasi Gotong Royong. Program ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam mencapai herd immunity terhadap virus COVID-19 di Indonesia melalui vaksin.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*