Selain Mirasic Forte, Hal Ini Bisa Redakan Nyeri Haid Anda!

  • November 12, 2021

Nyeri haid dapat dirasakan oleh setiap wanita ketika siklus bulanan haid terjadi. Rasa nyeri saat haid bisa ringan hingga cukup berat yang sampai mengganggu aktivitas Anda. Anda bisa mengonsumsi Mirasic forte sebagai salah satu cara dalam mengurangi rasa nyeri haid. 

Nyeri haid sebetulnya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya kontraksi otot pada rahim hingga meningkatnya zat prostaglandin dalam tubuh. Jika Anda menderita beberapa penyakit tertentu biasanya akan mendapatkan rasa nyeri yang lebih berat dan hebat. Berikut beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid selain mengonsumsi obat – obatan.

  1. Berikan kompres hangat pada perut

Salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi nyeri haid adalah menempelkan kompres hangat pada area perut bawah dan punggung bagian bawah selama 15 sampai dengan 20 menit. Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali dalam satu hari. 

  1. Lakukan pijatan lembut

Lakukanlah pijatan dengan gerakan melingkar di perut yang terasa nyeri selama sekitar 5 menit. Cara ini bisa dibarengi dengan pemberian kompres hangat. Anda bisa menggunakan campuran minyak kelapa atau minyak jojoba dengan minyak esensial, seperti lavender, cengkeh, dan kayu manis. Campuran minyak tersebut memiliki sifat antiradang dan antinyeri alami yang baik untuk membantu meredakan nyeri haid.

  1. Hindari makanan dan minuman tertentu

Selama menstruasi, ada baiknya menghindari atau membatasi asupan beberapa makanan yang bisa menyebabkan perut kembung dan kelebihan cairan tubuh, seperti makanan berlemak, minuman berkafein dan beralkohol, minuman bersoda, serta makanan asin. Membatasi atau bahkan menghindari makanan tersebut bisa meringankan rasa sakit dan mengurangi kram perut. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi teh dengan campuran jahe atau daun mint. Minuman ini bisa meringankan nyeri dan mencegah perut kembung saat haid. Untuk mengurangi nyeri haid, Anda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, coklat hitam, telur, susu, yoghurt, dan ikan.

  1. Rutin olahraga

Haid bukan kendala untuk tidak berolahraga. Malahan tetap aktif secara fisik bisa membantu mengurangi rasa sakit dan kram perut saat haid. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang rutin berolahraga 30 menit selama 3 hari dalam saminggu mengalami perbaikan gejala nyeri haid yang cukup signifikan. Selain itu, olahraga saat haid juga memberikan manfaat lain yakni meningkatkan suasana hati, membuatmu lebih berenergi dan semangat menjalani rutinitas, dan menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Berendam di air hangat

Berendam di air hangat adalah salah satu cara untuk membuat otot-otot lebih rileks, sehingga nyeri haid bisa berkurang. Selain itu, berendam di air hangat juga bisa memperbaiki suasana hati akibat mood swing yang mungkin muncul ketika haid, mengatasi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak. Agar kegiatan ini lebih menyenangkan dan menenangkan, kamu bisa menambahkan tetesan minyak esensial, seperti minyak mawar, jeruk, lemon, atau lavender. ke dalam bak mandi.

  1. Menggunakan obat pereda nyeri

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan, tetapi nyeri haidmu belum kunjung mereda, cobalah konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, yang dijual bebas. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri haid selain mengonsumsi mirasic forte. Anda bisa berdiskusi dengan dokter mengenai keluhan ini jika sudah berlangsung cukup lama dan mengganggu aktivitas sehari – hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*