madu anak

Tips Memilih Madu Anak yang Tepat

  • July 29, 2021

Rutin memberikan madu memang akan meningkatkan metabolisme tubuh anak. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih madu untuk anak.

Madu Murni atau Madu Campuran

Madu anak memiliki beragam pilihan. Madu dengan komposisi bahan tambahan tak selalu berarti madu tersebut bukanlah madu asli. Anak-anak bisa mengonsumsi madu jenis apa pun tergantung kebutuhan.

Madu murni adalah adalah madu yang sudah diolah tetapi tidak ada bahan tambahan. Biasanya, madu ini berwarna agak pekat. Terkadang, masih ada kotoran alami serbuk sari atau bekas rumah lebah yang tersisa setelah proses penyaringan. Rasanya manis alami tanpa ada pemanis tambahan.

Namun, teksturnya yang sangat kental membuat madu murni lebih sulit ditelan. Alhasil, anak-anak mungkin kurang begitu suka karena tekstur dan kekentalannya yang terasa tidak nyaman di mulut. Meskipun demikian, madu murni memiliki khasiat yang jauh lebih tinggi karena diproses secara alami tanpa bahan tambahan.

Madu campuran adalah madu murni yang sudah diolah tetapi memiliki beberapa bahan tambahan untuk menunjang manfaatnya. Bahan tambahan pada madu campuran yang umum misalnya adalah temu lawak, kurma, atau royal jelly. Madu campuran biasanya berwarna lebih jernih dan bersih sehingga lebih menarik perhatian terutama untuk anak-anak. Madu campuran biasanya tidak hanya mengeluarkan aroma dari madu melainkan juga dari bahan tambahan tersebut.

Secara tekstur dan aroma, madu campuran biasanya lebih disukai oleh anak-anak. Akan tetapi, khasiatnya pasti akan berbeda dengan madu murni karena ada bahan tambahan di dalamnya.

Cek Keaslian Madu

Madu murni atau madu campuran, Anda bebas memilih mana yang lebih disukai oleh anak-anak. Namun, pilihlah madu dengan kandungan madu asli dan bukan madu palsu. Madu asli memiliki rasa manis alami, sedangkan madu palsu memiliki rasa manis dengan pemanis tambahan. Anda memang harus mencoba dan mengetesnya secara langsung untuk mengetahui keaslian madu. 

Selain itu, madu asli cenderung lebih sulit larut dalam air dan akan mengendap di dasar gelas. Sementara itu, madu palsu dengan pemanis tambahan akan lebih mudah larut dalam air. Anda juga bisa mengetes keaslian madu dengan menggunakan roti. Jika madu asli dioleskan ke roti dan didiamkan sejenak, maka lama-kelamaan roti akan mengeras. Namun jika madu tersebut palsu, maka roti tersebut akan menjadi basah.

Perhatikan Komposisi Bahan dan Kandungan

Sebelum membeli madu, Anda harus jeli melihat komposisi bahan dan kandungan di dalamnya. Anda bisa menyesuaikan jenis madu dengan kebutuhan anak. Untuk anak yang susah makan, Anda bisa memastikan nutrisinya terpenuhi dengan memberi madu berbahan tambahan temu lawak.Jika anak sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, Anda bisa memberikan madu berbahan tambahan royal jelly. Bahan tambahan royal jelly ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Pilihlah jenis madu yang paling disukai anak dan bisa menunjang tumbuh kembangnya.

Dzakwan

E-mail : admin@evilinsides.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*